Langkah-Langkah Membangun Rumah Sederhana Secara Cepat

Pada dasarnya, pembuatan rumah ialah proses yang membutuhkan waktu lama. Padahal, tidak semua dari kita dapat menunggu dengan lama. Misalnya saja jika kita terdesak untuk segera pindah ke rumah yang baru. Namun, sebenarnya waktu pembangunan rumah akan tergantung pada tingkat kesulitannya. Jadi, bila ingin membangun rumah sederhana, kita dapat membuatnya dengan cepat. Agar lebih jelas, simaklah langkah-langkah membangun rumah sederhana secara cepat berikut ini!

Tahap Persiapan

Seperti pembangunan rumah lainnya, pembangunan rumah sederhana juga membutuhkan tahap persiapan. Beberapa hal yang perlu kita siapkan ialah desain rumah, IMB, serta  kontrak proyek. Tahap persiapan sangatlah penting untuk menjadi acuan ketika membuat rumah. Oleh karena itu, pastikan kita memahami kebutuhan kita secara baik.

Selain perencanaan bangunan, kita juga harus mempersiapkan dana. Buatlah RAB (Rancangan Anggaran Biaya) untuk mengatur alokasi dana yang kita siapkan. RAB juga membantu kita menghindari pengeluaran biaya yang sia-sia. Terkadang, kita memang membutuhkan biaya tambahan karena masalah yang muncul. Oleh karena itu, siapkan juga anggaran tambahan disamping RAB.

Prinsip Membangun Rumah Sederhana Secara Cepat

Secara umum, terdapat 3 prinsip untuk membangun rumah secara cepat. Ketiga prinsip tersebut ialah material yang praktis, material yang ringan, serta desain yang minimalis. Material yang praktis memudahkan pekerja untuk memasangnya. Sementara itu, material yang ringan akan mengurangi beban struktur. Volume struktur bangunanpun dapat dikurangi sehingga proses pembuatannya dapat berlangsung lebih cepat. Hal yang sama juga terapat pada desain minimalis. Semakin sederhana desain rumah, semakin cepat juga waktu penyelesaiannya. Berikut beberapa contoh material yang dapat kita gunakan.

  • Struktur Bangunan Baja

Struktur bangunan baja membantu kita membangun rumah dengan cepat. Dibandingkan cor konvensional, pemasangan baja cenderung lebih mudah. Struktur baja cukup dirangkai langsung di tanah rumah. Kita tidak memerlukan pengecoran maupun bekesting yang memakan banyak waktu. Selain itu, baja juga dapat dibuat tanpa banyak finishing. Berbeda dengan beton yang harus diplester serta diaci.

  • Dinding Bata Ringan

Dibandingkan batu bata merah, dinding bata ringan lebih cepat dipasang. Harga dinding bata ringan memang lebih mahal dari bata merah. Akan tetapi, kita bisa menghemat upah tukang dari waktu pengerjaan yang cepat. Selain itu, permukaan dinding bata ringan juga lebih lurus. Tentu saja hal ini membuat proses plester dinding menjadi lebih mudah. Karena menggunakan plesteran setebal 1 cm, proses pengerjaan akan lebih cepat.

  • Dinding Partisi Gypsum

Sekat di dalam rumah dapat dibuat menggunakan partisi gypsum. Bahan material ini lebih murah dan praktis dari bata merah. Selain itu, bobotnya juga lebih ringan. Jika menggunakan partisi gypsum, pondisi batu belah yang kita butuhkan juga lebih sedikit.

  • Dak Untuk Rumah 2 Lantai

Bila ingin memiliki rumah 2 lantai, buatlah dak dengan menggunakan floor deck maupun bondek. Bahan material ini terbuat dari lembaran baja ringan yang berfungsi sebagai bekesting dak. Selain itu, floor deck juga dapat digunakan sebagai tulangan bawah dak. Bahan material ini lebih praktis, cepat dan murah. Kita tidak membutuhkan bahan tambahan yang banyak seperti bambu maupun tripleks.

  • Rangka Atap Baja Ringan dan Penutup Atap

Untuk bagian atap, kita dapat menggunakan baja ringan. Bahan material ini menjadi populer karena ringan dan mudah dipasang. Pemasangan baja ringan biasanya dapat dilakukan dalam beberapa hari saja. Sementara itu, material penutup pada atap dapat menggunakan seng galvalum maupun atap bitumen. Kedua jenis bahan material ini lebih cepat dipasang dibandingkan genteng.

  • Plafon PVC Rangka Hollow

Kita dapat menggunakan rangka hollow galvanis pada plafon rumah sederhana. Gunakan bahan material yang tebalnya minimal 0,4 mm. Sementara itu, agar proses pemasangan berlangsung cepat, pilihlah material plafon PVC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *