Tali Pancing yang Terbaik Bisa Anda Pilih dengan Tips Berikut Ini!

Memancing merupakan hobi yang kini banyak sekali digandrungi oleh masyarakat. Memang memancing selalu mampu memberikan kesenangan maksimal bagi para pelakunya. Menaiki kapal, melihat laut biru dan bergulat dengan ikan super besar tentu menjadi kombinasi sempurna untuk melepaskan rasa penat dan stres akan kehidupan. Untuk bisa memaksimalkan aktivitas memancing, maka dibutuhkan tali pancing  yang kuat sehingga ikan dengan ukuran seberapapun bisa ditangkap.

Senar pancing merupakan tali yang dibuat dari bahan yang spesial. Umumnya senar pancing terbuat dari bahan nilon. Pemakaian senar ketika memancing harus disesuaikan dengan tujuan atau jenis ikan seperti apa yang ingin didapatkan. Perlu diketahui sebelumnya jika senar pancing ini memiliki karakteristik masing-masing, yaitu:

  • Kekuatan: Karakteristik ini adalah senar pancing dilihat dari seberapa mampu tali bisa menahan beban. Umumnya tes kekuatan bisa dilakukan dengan memakai mesin universal testing dimana senar ditarik sepanjang 50 cm dengan kecepatan 200 mm setiap menit, lalu senar diuji hingga putus agar dapat terlihat kekuatan maksimalnya.
  • Kekuatan ikat senar: Untuk karakteristik ini maka kekuatan ikat pada simpulnya ketika senar akan putus di simpul. Biasanya kekuatan diukur dengan pons ataupun kg.
  • Perpanjangan senar ketika ditarik: Senar tentu akan mengalami perpanjangan jika ditarik. Tes ini dilakukan demi bisa mengetahui seberapa panjang senar mampu menahan kekuatan bobot dan panjang melarnya yang dilakukan dengan cara menarik senar hingga ke titik maksimalnya.
  • Ketahanan gesek: Gesekan tentu kerap terjadi ketika memancing, misalnya saja terkena baru karang dan lainnya. Tes ini dilakukan demi mengetahui ketahanan senar pada gesekan. Caranya dilakukan dengan menggesekkan senar sampai putus memakai amplas berputar.
  • Kelenturan: Resistensi senar ketika ditekuk juga jadi hal penting. Makin besar resistensinya, maka semakin kaku senar itu.

Selain memilih senar pancing dari segi karakteristiknya, Anda juga perlu mengetahui pilihan tali pancing dari kemasannya. Berikut ini beberapa jenis senar pancing sesuai kemasan:

  • Senar komersial: jenis senar ini memiliki kemasan yang umum dipasarkan dengan pemakaian ekonomis. Namun bisa dibilang jika kualitas dari senar ini tidak begitu mumpuni. Kebanyakan pemakainya adalah nelayan yang dipakai menjaring ikan hingga keperluan menambal jala. Senar komersial sendiri terbagi menjadi senar bungkus dimana senar ini gulungan tanpa spool dan juga senar pak yaitu kumpulan senar bungkus dan dijual di bentuk pak.
  • Senar hobi: ada juga senar hobi yang memang sengaja ditujukan bagi mereka yang memang memiliki hobi memancing. Senar ini memang harganya lebih tinggi dibanding senar komersial karena memang mengutamakan dari segi kualitas. Senar hobi terbagi menjadi dua jenis yaitu senar rol meter dimana senar ini berbentuk gulungan dengan adanya spool dan juga senar rol berat yang berupa senar gulungan dan spool juga.

Itulah sedikit pemaparan singkat tentang tali pancing. Dalam pemilihannya, yang terpenting adalah Anda perlu menyediakan tujuan apakah untuk hobi atau memang tujuan menangkap ikan yang akan dijual. Jika memang untuk hobi, maka perhatikan juga karakteristik setiap senarnya karena sangat penting untuk dipertimbangkan. Kini untuk mendapatkan senar pancing pun sudah lebih mudah karena semuanya tersedia di situs belanja online terpercaya. Cukup memesan dengan ponsel dan bayar dengan transaksi mudah, lalu senar pancing yang Anda pesan akan langsung diantar hingga ke depan rumah Anda. Situs belanja online sangat memudahkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *